Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd, MM. Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran PKn SD
Nama : Nur Indah Larasati
Kelas : ASD5
NIM : 2015820024
3. Bagaimana mengembangkan pembelajaran PKn dengan model CTL?
Jawab:
Kelas : ASD5
NIM : 2015820024
1.
Apa yang anda ketahui tentang multikultural dan implementasinya di SD?
Jawab:
Jawab:
Pendidikan multikultural merupakan
pendidikan yang membahas mengenai perbedaan budaya dan etnis secara mengglobal
sehingga pembelajarannya cukup rumit karena tidak membahas hanya etnis dan
budaya saja, tetapi juga membahas emic. Pendidikan multikultural dalam
pandangan para pakar mendefiniskan atau menjelaskan pendidikan multicultural
menurut Horrace Kallen memberikan pendapat mengenai multicultural yaitu jika
budaya suatu bangsa memiliki banyak segi, nilai-nilai dan lainnya budaya
tersebut disebut oleh Horrace Kallen sebagai pluralisme budaya atau Cultularl Pluralism). Horrace
menggambarkan pluralism budaya sebagai penghargaan berbagai tingkat perbedaan,
tetapi masih terdapat dalam batas-batas dalam menjaga persatuan nasional.
Kallen dalam penjelasannya mencoba menggambarkan penjelasannya dalam lingkup
daerah yaitu Amerika yang mana masing-masing etnis dan budaya di Amerika saling
berkontribusi unik sehingga menambah variasi etnik dan budaya di Amerika. Dalam
teorinya juga, Kallen menjelaskan sekaligus mengakui bahwa budaya yang dominan
dalam masyarakat harus juga diakui oleh masyarakat sendiri. sebagai contoh
yaitu keberagaman budaya yang ada di Jawa, budaya yang paling dominan di Jawa
yaitu budaya Jawa namun juga terdapat budaya-budaya yang sedikit dominan di
Jawa yang akan menambah variasi dan keberagaman budaya yang ada di Jawa.
Implementasi
pendekatan multikultural pkn dalam pendidikan Pkn SD beberapa poin pentin yang
harus dilakukan dalam mempormulasikan pendidikan multikultural dalam Pkn yang
bersifat mudah dan efektif yaitu :
1) Guru harus merencanakan strategi pemeblajaran yang akan dipakai dalam kelas. jika yang dipakai adalah model p[emeblajaran kooperatif, maka strategi ini digunakan untuk menandai adanya perkembangan kemampuan siswa dalam belajar besama-sama mensosialisasikan konsep, dan nilai budaya lokal daerahny dalam komunitasnya belajar bersama teman.
2) Pembelajaran multikultural yang dilaksanakan dikelas oleh siswa bisa dimulai dari hal/perbuatan yang kecil namun penuih makna. Siswa dan guru bisa memulainya bersama dengan melakukan tindakan nyata dikelas yang menunjukan keterampilan multikultural. Maksudnya adalah sikap yang ditunjukkan karena kesadaran kultural kemudian di implementasikan dalam suatu tindakan dalam format kemajemukan.
2. Jelaskan secara heoristik kajian pendekatan tematik pengembangan tematik di SD?
Jawab:
1) Guru harus merencanakan strategi pemeblajaran yang akan dipakai dalam kelas. jika yang dipakai adalah model p[emeblajaran kooperatif, maka strategi ini digunakan untuk menandai adanya perkembangan kemampuan siswa dalam belajar besama-sama mensosialisasikan konsep, dan nilai budaya lokal daerahny dalam komunitasnya belajar bersama teman.
2) Pembelajaran multikultural yang dilaksanakan dikelas oleh siswa bisa dimulai dari hal/perbuatan yang kecil namun penuih makna. Siswa dan guru bisa memulainya bersama dengan melakukan tindakan nyata dikelas yang menunjukan keterampilan multikultural. Maksudnya adalah sikap yang ditunjukkan karena kesadaran kultural kemudian di implementasikan dalam suatu tindakan dalam format kemajemukan.
2. Jelaskan secara heoristik kajian pendekatan tematik pengembangan tematik di SD?
Jawab:
Pendekatan
tematik merupakan suatu pendekatan yang berorientasi pada praktik. Pembelajaran
yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Pembelajaran ini berangkat dari
teori pembelajaran yang menolak proses latihan atau hafalan sebagai dasar
pembentukan pengetahuan dan struktur intelektual anak.
Implementasi
Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam pembelajaran PKN SD , Dalam
pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekaatan tematik antara lain sebagai berikut
;
1). Rancangan pembelajaran, dalam tahap ini guru
PKn menyiapkan media pembelajaran
tematik yang berupa gambar-gambar
yang berhubungan dengan tema yang akan diajarkan kepada siswa. Dengan demikian,
guru hanya tinggal menentukan tema penghubung antar mata pelajaran berdasar
kesamaan indikator pencapaian dari masing-masing kompetensi dasar. Estela itu
guru membuat RPP pembelajaran tematik,
2). Pelaksanaan pembelajaran,guru harus lebih kreatif
dalam
mengelola
pembelajaran. Hal ini dikarenakan pengalaman guru sangat penting dalam
pengelolahan pembelajaran. Selain itu media yang dipakai juga harus bervariasi
sehingga dapat mengelola proses pembelajaran dengan baik.
3. Bagaimana mengembangkan pembelajaran PKn dengan model CTL?
Jawab:
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal yang perlu
diperhatikan guru mengenai kepribadian siswa secara individu dalam proses
pembelajaran PKn dikelas 5 sd. Khususnya pada materi nilai-nilai juang dalam
proses perumusan pancasila sebagai dasar Negara guru harus mengubah cara
pandangnya dalam pembelajaran PKn yang meliputi :
1. peran guru dalam pengelolaan kelas.
2. pemahaman perkembangan karakteristik siswa.
3. peran siswa dalam proses pembelajaran.
4. pemilihan alat peraga atau media dan metode pembelajaran yang sesuai
dengan materi yang dipelajari siswa.
5. guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mendesain pembelajaran.
Sebelum dan dalam proses pelaksanaan pembelajaran guru perlu menanamkan
disiplin, dan bekerja sama pada diri siswa seperti mengadakan apersepsi dan
lain dihrapkan lebih memperdalam dan memperluas kajian pada pembelajaran PKN
sesuai dengan pendekatan CTL khusus nya di kelas 5 SD.
4.
Apakah pentingnya portofolio dalam pembelajaran PKn SD?
Jawab:
Jawab:
Portofolio
penting dalam pembelajaran PKN SD karena, model pembelajaran pkn berbasis
portofolio memperkenalkan kepada para siswa dan mendidik mereka dengan
bebebrapa metode dan langkah yang gunakan dalam proses politik pembelajaran ini
bertujuan untuk membina komitmen aktif para siswa terhadap kewarganegaraannya
dan pemerintahannya dengan cara:
1. membekali
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisifasi secara
efekti.
2. membekali
pengalam praktis yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi dan efektifitas
partisipasian itu
3. mengembangkan
pemahaman akan pentingnya partisifasi warganegara.
Portofolio
dalam pembelajaran pkn merupakan kumpulan informasi yang tersusun dengan
baik yang menggambarkan rencana kelas siswa berkenan dengan
suatu isu kebijakan publikyang telah diputuskan untuk di kaji
mereka, baik dalam kelompok Kecil maupun
kelas secara keseluruhan.
5. Berikan analisis sodara mengenai kenapa pentingnya mengembakan pembelajaran pkn di sd?
Jawab:
5. Berikan analisis sodara mengenai kenapa pentingnya mengembakan pembelajaran pkn di sd?
Jawab:
Menurut
saya, mengembangkan pembelajaran PKN SD itu sangat penting, karena dengan
pembelajaran PKN membekali siswa dengan budi pekerti, pengetahuan dan berkenaan
dengan hubungan antara sesame warga Negara maupun antar negara dengan negara. Mengembangkan
pembelajaran PKN SD akan membantu guru dalam memahami dan membantu siswa untuk
berlatih mengamalkan nilai moral Pancasila dan budi pekerti yang dipelajari di
sekolah. Pembelajaran PKN sd perlu dikembangakan dengan sering perkembangan zaman
yang semakin maju dan modern ini pembelajaran pun harus ikut berkembang
mengikuti zaman dan menyesuaikan dengan kebutuhan siswa pada saat ini dan pada
masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar