tugas Perencanaan Pembelajaran PKN Dr. Dirgantara Wicaksono. M.Pd. RPP K13 sesuai Permendiknas no 22 tahun 2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : __________________________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : III / 1
Materi Pokok :
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan
A. Standar Kompetensi
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
Indikator:
l Mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
l Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia
l Mencontohkan perilaku ramah tamah
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu
¡ Dengan mengolah informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras
¡ Dengan mengamati gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kritis
A. Dengan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
B. Dengan mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia
C. Dengan bermain peran siswa dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
Diharapkan siswa dapat memiliki sikap aktif, berani, tanggungjawab, dan ramah.
¡
D. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengamati gambar dan memecahkan soal cerita yang berhubungan dengan gambar yang disajikan
¡ Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan kuantitas
¡ Menghubungkan satuan kuantitas berbeda yang nilainya sama banyak
¡ Mencari informasi tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial
¡ Mengamati gambar dan mendeskripsikan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
¡ Menggali informasi dari teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial” kemudian menuliskan kembali gagasan utamanya menggunakan kata-kata baku dan tata bahasa yang benar
E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:
Media :
Gambar Burung Garuda, Gambar Komodo, Gambar Anggrek, peta Indonesia, slide Power Point.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
l Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
l Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
l Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia”.
l Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
l Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
l Guru menarik perhatian siswa dengan membacakan cerita kontekstual yang dilengkapi ilustrasi gambar. Cerita tersebut menstimulus siswa untuk memahami fenomena keseharian yang melibatkan berbagai satuan kuantitas
l Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan memberikan kesempatan untuk menanya proses pemecahan masalah yang termuat dalam cerita
l Siswa dibimbing untuk menguasai konsep konversi antar satuan kuantitas
| |
l Siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila (elaborasi)
l Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai arti dari tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang Burung Garuda. Guru dapat memberi pertanyaan tambahan untuk mempejelas jawaban siswa (konfirmasi)
l Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai contoh-contoh kebhinekaan di Indonesia, seperti agama, suku, bahasa, dan makanan khas (konfirmasi)
l Satu diantara siswa menyimpulkan hasil pembahasan mengenai kebhinekaan (konfirmasi)
l Guru menampilkan gambar peta Indonesia dan gambar komodo dan bunga anggrek (elaborasi)
l Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan berupa contoh lain kekayaan alam Indonesia. Jika siswa mengalami kesulitan guru memberi bantuan dengan menunjuk bagian peta yang menjadi habitat hewan atau tumbuhan khas (konfirmasi)
l Siswa menyanyikan lagu Nyiur Hijau (elaborasi)
l Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 orang (eksplorasi)
l Tiap siswa diberi naskah pendek untuk diperankan. Masing- masing siswa dalam satu kelompok mendapat peran yang berbeda yang ditentukan oleh guru. Siswa diberi waktu 5 menit untuk memahami cerita (eksplorasi)
l Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang akan tampil (elaborasi)
l Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan tentang sikap yang ditunjukkan oleh tokoh dalam cerita tersebut (konfirmasi)
l Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku ramah tamah (eksplorasi)
l Setiap siswa diberi kesempatan berbicara dan menyampaikan pendapatnya (eksplorasi)
l Satu diantara siswa menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi)
| ||
Penutup
|
l Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
l Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
l Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
l Melakukan penilaian hasil belajar
l Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
A. Aspek yang dinilai : Hasil
B. Instrumen penilaian : Soal
Soal
1. Apa arti Bhineka Tunggal Ika?
2. Sebutkan contoh keanekaragaman di Indonesia!
3. Bagaimana cara untuk menjaga kerukunan dalam keanekaragaman Indonesia?
4. Sebutkan 3 contoh hewan khas Indonesia!
5. Sebutkan 3 contoh tumbuhan khas Indonesia!
6. Mengapa hewan dan tumbuhan bagian Indonesia timur berbeda dengan hewan dan tumbuhan bagian Indonesia barat?
7. Sebutkan contoh perilaku ramah tamah!
8. Apa akibatnya jika tidak memiliki perilaku ramah?
Jawaban
1. Arti Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.
2. Contoh keanekaragaman suku: Batak, Dayak, Jawa, Bugis
Contoh keanekaragaman agama: Islam, Kristen, hindu, budha.
Contoh keanekaragaman bahasa: Bahasa Melayu, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis.
Contoh keanekaragaman makanan: Gudeg dari Yogya, Rawon dari Surabaya, Bubur Manado, Kerak Telor dari Jakarta.
3. Berteman tanpa pilih-pilih agama, dan suku, tidak mengganggu agama lain yang sedang beribadah.
4. Hewan khas Indonesia diantaranya Gajah Sumatera, Komodo, dan cendrawasih.
5. Tumbuhan khas Indonesia diantaranya Raflesia Arnoldi, Anggrek, Bunga Bangkai.
6. Karena terdapat perbedaan iklim dan pengaruh dari benua tetangga.
7. Contoh perilaku ramah adalah mengucapkan salam, menyapa, mengucapkan permisi, dan mengucapkan terimakasih.
8. Contoh akibat yang terjadi jika tidak berperilaku ramah adalah dijauhi teman.
Pedoman Penskoran
No Soal
|
Skor
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
4
|
2
|
5
|
2
|
6
|
3
|
7
|
2
|
8
|
3
|
Jumlah
|
20
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Guru Kelas V
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Komentar
Posting Komentar