Langsung ke konten utama

tugas Perencanaan Pembelajaran PKN Dr. Dirgantara Wicaksono. M.Pd. RPP K13 sesuai Permendiknas no 22 tahun 2016



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan  : __________________________________
Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester  : III / 1
Materi Pokok :
Alokasi Waktu : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan 


A.  Standar Kompetensi
Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD) :
 Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
Indikator:
 Mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia.
 Menyebutkan contoh kekayaan alam khas Indonesia
 Mencontohkan perilaku ramah tamah


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
¡ Dengan membaca teks yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu
¡ Dengan mengolah informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras
¡ Dengan mengamati gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kritis
A.      Dengan tanya jawab siswa dapat mendeskripsikan kebhinekaan Indonesia secara jelas.
B.       Dengan mengamati media gambar siswa dapat menyebutkan contoh kekayaan alam khas indonesia
C.       Dengan bermain peran siswa dapat mencontohkan perilaku ramah tamah.
Diharapkan siswa dapat memiliki sikap aktif, berani, tanggungjawab, dan ramah.
¡ 

D. MATERI PEMBELAJARAN
¡ Mengamati gambar dan memecahkan soal cerita yang berhubungan dengan gambar yang disajikan
¡ Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan satuan kuantitas
¡ Menghubungkan satuan kuantitas berbeda yang nilainya sama banyak
¡ Mencari informasi tentang manusia sebagai makhluk individu dan sosial
¡ Mengamati gambar dan mendeskripsikan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial
¡ Menggali informasi dari teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial” kemudian menuliskan kembali gagasan utamanya menggunakan kata-kata baku dan tata bahasa yang benar

E. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F. SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber:
Media :
Gambar Burung Garuda, Gambar Komodo, Gambar Anggrek, peta Indonesia, slide Power Point.
G. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
Guru menarik perhatian siswa dengan membacakan cerita kontekstual yang dilengkapi ilustrasi gambar. Cerita tersebut menstimulus siswa untuk memahami fenomena keseharian yang melibatkan berbagai satuan kuantitas
Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan memberikan kesempatan untuk menanya proses pemecahan masalah yang termuat dalam cerita
Siswa dibimbing untuk menguasai konsep konversi antar satuan kuantitas


Siswa menyanyikan lagu Garuda Pancasila (elaborasi)
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai arti dari tulisan Bhineka Tunggal Ika pada lambang Burung Garuda. Guru dapat memberi pertanyaan tambahan untuk mempejelas jawaban siswa (konfirmasi)
Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai contoh-contoh kebhinekaan di Indonesia, seperti agama, suku, bahasa, dan makanan khas (konfirmasi)
 Satu diantara siswa menyimpulkan hasil pembahasan mengenai kebhinekaan (konfirmasi)
Guru menampilkan gambar peta Indonesia dan gambar komodo dan bunga anggrek (elaborasi)
 Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan berupa contoh lain kekayaan alam Indonesia. Jika siswa mengalami kesulitan guru memberi bantuan dengan menunjuk bagian peta yang menjadi habitat hewan atau tumbuhan khas (konfirmasi)
Siswa menyanyikan lagu Nyiur Hijau (elaborasi)
 Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 6 orang (eksplorasi)
 Tiap siswa diberi naskah pendek untuk diperankan. Masing- masing siswa dalam satu kelompok mendapat peran yang berbeda yang ditentukan oleh guru. Siswa diberi waktu 5 menit untuk memahami cerita (eksplorasi)
 Guru mengundi untuk menentukan kelompok mana yang akan tampil (elaborasi)
 Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan tentang sikap yang ditunjukkan oleh tokoh dalam cerita tersebut (konfirmasi)
 Siswa menyebutkan contoh-contoh perilaku ramah tamah (eksplorasi)
 Setiap siswa diberi kesempatan berbicara dan menyampaikan pendapatnya (eksplorasi)
 Satu diantara siswa menyimpulkan hasil diskusi (konfirmasi)

Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

H. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
A.    Aspek yang dinilai   : Hasil
B.     Instrumen penilaian : Soal
Soal
1.      Apa arti Bhineka Tunggal Ika?
2.      Sebutkan contoh keanekaragaman di Indonesia!
3.      Bagaimana cara untuk menjaga kerukunan dalam keanekaragaman Indonesia?
4.      Sebutkan 3 contoh hewan khas Indonesia!
5.      Sebutkan 3 contoh tumbuhan khas Indonesia!
6.      Mengapa hewan dan tumbuhan bagian Indonesia timur berbeda dengan hewan dan tumbuhan bagian Indonesia barat?
7.      Sebutkan contoh perilaku ramah tamah!
8.      Apa akibatnya jika tidak memiliki perilaku ramah?
Jawaban
1.      Arti Bhineka Tunggal Ika adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.
2.      Contoh keanekaragaman suku: Batak, Dayak, Jawa, Bugis
Contoh keanekaragaman agama: Islam, Kristen, hindu, budha.
Contoh keanekaragaman bahasa: Bahasa Melayu, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bugis.
Contoh keanekaragaman makanan: Gudeg dari Yogya, Rawon dari Surabaya, Bubur Manado, Kerak Telor dari Jakarta.
3.      Berteman tanpa pilih-pilih agama, dan suku, tidak mengganggu agama lain yang sedang beribadah.
4.      Hewan khas Indonesia diantaranya Gajah Sumatera, Komodo, dan cendrawasih.
5.      Tumbuhan khas Indonesia diantaranya Raflesia Arnoldi, Anggrek, Bunga Bangkai.
6.      Karena terdapat perbedaan iklim dan pengaruh dari benua tetangga.
7.      Contoh perilaku ramah adalah mengucapkan salam, menyapa, mengucapkan permisi, dan mengucapkan terimakasih.
8.      Contoh akibat yang terjadi jika tidak berperilaku ramah adalah dijauhi teman. 
Pedoman Penskoran
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
3
4
2
5
2
6
3
7
2
8
3
Jumlah
20



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas V



( ___________________ )
NIP ..................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Jerold E. Kemp dalam Perencanaan Pembelajaran ( Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )

A.       Latar Belakang Jelord E. Kemp berasal dari California Satate University di Sanjose. Kemp mengembangkan model desain instruksional yang paling awal bagi pendidikan. Model Kemp memberikan bimbingan kepada para siswanya untuk berpikir tentang masalah-masalah umum dan tujuan-tujuan pembelajaran. Model ini juga mengarahkan pengembang desain instruksional untuk melihat karekteristik para siswa serta menentukan tujuan-tujuan belajar yang tepat. Langkah berikutnya adalah spesifikasi pelajaran dan mengembangkan pretest dari tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya adalah menetapkan strategi dan langkah-langkah dalam kegiatan belajar mengajar serta sumber-sumber belajar yang akan digunakan. Selanjutnya, materi/isi (content) kemudian di evaluasi atas dasar tujuan-tujuan yang telah dirumuskan. Langkah berikutnya adalah melakukan identifikasi dan revisi didasarkan atas hasil-hasil evaluasi. Pentingnya pembahasan ini yaitu agar kita bisa memahami...

Perencanaan Pembelajaran ( Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )

Models of Instructional Design There are numerous models of instructional design; elements of many of these have made their way into how instructional design is conducted today. Kemp Jerrold Kemp, an American professor, devised a design model based on nine components: Identify the problem and goals. Identify characteristics of the learner. Identify the subject content and perform task analysis. List the learner's objectives. Sequence the content logically. Design the learning so learners are able to master objectives. Plan the delivery of the content. Design an evaluation format. Support instruction through selection of resources. The Kemp model dictates that an instructional designer can begin with any one of these components when designing learning, that is, it is flexible. Some of the other design methods are more rigid, such as ADDIE. This model is most often used in higher education, usually classroom learning. Gagne In the 1980s, Robert Gagne, an...

Rencana Pembelajaran yang berstandar Internasional (Dosen: Dr. DIRGANTARA WICAKSONO,M.Pd )

Rencana Pembelajaran yang berstandar Internasional Salah satu komponen dalam kurikulum adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Berbasis Internasional tentu harus memiliki sesuatu yang khas sebagai modal untuk proses pembelajaran yang menarik, mengakomodasi potensi siswa untuk membangun pengetahuan mereka dan menyajikan suatu pembelajaran yang aktif serta kreatif. Penelitian Dr. McGee secara garis besar menyatakan bagaimana menciptakan  superstar student.  Menurutnya bila siswa di sekolah menengah atas mengalami kesulitan belajar mata pelajaran seperti matematika, peny...