Langsung ke konten utama

Rencana Pembelajaran yang berstandar Internasional (Dosen: Dr. DIRGANTARA WICAKSONO,M.Pd )

Rencana Pembelajaran yang berstandar Internasional




Salah satu komponen dalam kurikulum adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Sekolah Berbasis Internasional tentu harus memiliki sesuatu yang khas sebagai modal untuk proses pembelajaran yang menarik, mengakomodasi potensi siswa untuk membangun pengetahuan mereka dan menyajikan suatu pembelajaran yang aktif serta kreatif.
Penelitian Dr. McGee secara garis besar menyatakan bagaimana menciptakan superstar student. Menurutnya bila siswa di sekolah menengah atas mengalami kesulitan belajar mata pelajaran seperti matematika, penyebabnya bisa jadi bukan terletak pada kemampuan guru atau IQ siswa. Penelitiannya menunjukkan secara sederhana sering karena siswa tersebut tidak pernah diajarkan bagaimana mempelajarinya, sehingga dengan memberikan solusi teknik-teknik belajar, siswa dapat menjadi seorang superstar student. Lalu apa yang bisa kita peroleh dari hal ini? Contoh tersebut menunjukkan bahwa sebenarnya setiap siswa berkesempatan memperoleh pendidikan yang baik, yang mengajarkan bagaimana seharusnya seorang siswa itu belajar. Oleh karena itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harus mampu mencakup seluruh aspek penunjang pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa untuk belajar yang sesungguhnya belajar.
Perangkat pembelajaran yang ada dalam Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) memenuhi syarat penyelenggaraan pendidikan di Negara maju dengan penambahan beberapa karakteristik daerah sebagai nilai lebih. Standar kecukupan menurut Permendiknas Nomor 41 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Mengah mengarahkan bahwa pendidik wajib mengembangkan RPP jika telah dilandasi dengan pertimbangan berikut:
· Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
· Mendorong partisipasi aktif peserta didik, berpusat pada siswa.
· Membangkitkan kebiasaan dan kegemaran membaca dan menulis.
· Menjadi umpan balik yang positif dalam mendorong siswa belajar berkelanjutan.
· Struktur RPP terpadu, mengaitkan SK-KD, materi dan kegiatan belajar, indikator dan penilaian, sumber belajar, dan kontekstual.
· Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan kondisi nyata sekolah dan kemampuan pendidik.
Tujuan dari Salah satu komponen dari kurikulum yang harus dipersiapkan dengan matang adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimana harus mampu memfasilitasi pelaksanaan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, membangun pola pikir siswa untuk berpikir secara global dan mampu bersaing secara Internasional.

Komentar

  1. TOTO Titanium Art | TOTO Gold - TOTO-T-T-Ti-T-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-T
    TOTO womens titanium wedding bands Titanium titanium white dominus price Art microtouch titanium trim walmart - titanium paint color TOTO-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-T-T-Ti-T-Ti-T-Ti-T-T-T-Ti-T-T-T-Ti-Ti-T-T-T-Ti-T-T-Ti-T-Ti-T-T-Ti titanium helix earrings

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Jerold E. Kemp dalam Perencanaan Pembelajaran ( Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )

A.       Latar Belakang Jelord E. Kemp berasal dari California Satate University di Sanjose. Kemp mengembangkan model desain instruksional yang paling awal bagi pendidikan. Model Kemp memberikan bimbingan kepada para siswanya untuk berpikir tentang masalah-masalah umum dan tujuan-tujuan pembelajaran. Model ini juga mengarahkan pengembang desain instruksional untuk melihat karekteristik para siswa serta menentukan tujuan-tujuan belajar yang tepat. Langkah berikutnya adalah spesifikasi pelajaran dan mengembangkan pretest dari tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Selanjutnya adalah menetapkan strategi dan langkah-langkah dalam kegiatan belajar mengajar serta sumber-sumber belajar yang akan digunakan. Selanjutnya, materi/isi (content) kemudian di evaluasi atas dasar tujuan-tujuan yang telah dirumuskan. Langkah berikutnya adalah melakukan identifikasi dan revisi didasarkan atas hasil-hasil evaluasi. Pentingnya pembahasan ini yaitu agar kita bisa memahami...

Perencanaan Pembelajaran ( Dosen : Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd )

Models of Instructional Design There are numerous models of instructional design; elements of many of these have made their way into how instructional design is conducted today. Kemp Jerrold Kemp, an American professor, devised a design model based on nine components: Identify the problem and goals. Identify characteristics of the learner. Identify the subject content and perform task analysis. List the learner's objectives. Sequence the content logically. Design the learning so learners are able to master objectives. Plan the delivery of the content. Design an evaluation format. Support instruction through selection of resources. The Kemp model dictates that an instructional designer can begin with any one of these components when designing learning, that is, it is flexible. Some of the other design methods are more rigid, such as ADDIE. This model is most often used in higher education, usually classroom learning. Gagne In the 1980s, Robert Gagne, an...